TEMPLATE MINI RESEARCH – MORPHOLOGY
Abstrak/ Abstract
Abstrak merupakan
gambaran singkat tentang isi penelitian. Abstrak berisi
permasalahan penelitian, tujuan
penelitian,
teori yang
digunakan, metode,
temuan penelitian dan simpulan.
Abstrak
ditulis
menggunakan spasi 1 dan berisi 200-300 kata, diakhiri dengan kata kunci
(keywords). Kata kunci maksimal 5 kata dan disusun secara alfabetis.
A. INTRODUCTION / PENDAHULUAN
Bagian ini berisi uraian latar
belakang dan permasalah yang menyebabkan penelitian ini dilakukan. Uraian
permasalahan penelitian kemudian dikerucutkan dalam bentuk pertanyaan
penelitian yang ingin diungkap dan
dipecahkan. Selanjutnya Jelaskan objek yang diteliti dan alasan kenapa objek
tersebut diteliti. Pada bagian ini juga dapat ditambahkan penelitian terdahulu
dengan topik yang sama yang telah dilakukan oleh peneliti lain. Jelaskan posisi
penelitian ini terhadap penelitian terdahulu tersebut; jelaskan persamaan dan
perbedaannya.
B. LITERATURE REVIEW/ TEORI
Uraikan teori yang digunakan untuk
menganalisis data dan menjawab pertanyaan penelitian. Berikan contoh juga
bagaimana teori yang digunakan ini ketika digunakan untuk menganalisis data.
C. METHOD/ METODE
Jelaskan pendakatan penelitian/
metode penelitian yang digunakan, apakah kualitatif atau kuantitatif. Jelaskan
juga bagaimana cara pengambilan datanya; apakah dengan wawancara, interview
atau dokumentasi dan sebagainya.
D. FINDING AND DISCUSSION/ TEMUAN DAN PEMBAHASAN
Uraikan dan jelaskan temuan
penelitian dengan cara menampilkan analisis dan mendeskripsikan hasil analisis
setiap datanya. Uraian bagian ini dibuat sistematis sesuai dengan pertanyaan
penelitian.
E. CONCLUSION/ SIMPULAN
Simpulan berisi uraian temuan
penelitian sebagai hasil dari pembahasan. Simpulan merupakan jawaban rumusan
masalah yang ditanyakan dan telah diungkapkan pada bagian akhir pendahuluan.
F. REFERENCES/ DAFTAR PUSTAKA
Penulisan
daftar Pustaka sesuai dengan APA STYLE.
Daftar pustaka
memuat semua sumber
pustaka
yang dikutip,
dan dijadikan rujukan
dalam
penulisan skripsi. Daftar
pustaka
ini berguna untuk membantu
pembaca yang ingin
mencari
dan mencocokkan kutipan-kutipan
yang terdapat dalam skripsi. Penyusunan
daftar pustaka
diurutkan
secara
alfabetis berdasarkan nama penulis tanpa
gelar
akademiknya.
Pustaka yang dikutip dapat berupa
buku,
jurnal,
majalah, surat kabar,
atau sumber
internet. Jarak
penulisan daftar
pustaka
yaitu spasi satu,
dan
jarak
antar
buku2 (dua)spasi,dan sumber dalam buku
yaitu
satu spasi.
NOTE:
Contoh penulisan
daftar Pustaka
a.
Buku
1) Buku – satu penulis
Pinker, S. (2009). How the mind
works. New York, NY: W.W Norton & Company, Inc.
2) Buku bereditor
Waugh, L. R., & Monville-Burston, M. (eds.). (1990). On language: Roman Jakobson. Cambridge,
MA: Harvard University Press.
3) Kutipan dari bab buku bereditor
Richards, J. C. (2002). Theories of
teaching in language teaching. In Richards, J.C. and Renandya, W. A. (Eds.).
(2002). Methodology in language teaching:
An anthology of current practice. Cambridge: Cambridge University Press.
b.
Artikel Jurnal
1) Artikel jurnal (cetak)
Thompson, C. (2010). Facebook: Cautionary tales for nurses. Kai Tiaki: Nursing New Zealand, 16(7),
26.
2) Artikel Jurnal (online)
Gabbet, T., Jenkins, D. & Abernethy, B. (2010). Physical collisions
and injury during professional rugby league skills training. Journal of science and medicine in Sport, 13(6), 578-583. doi:10.1016/j.jsams.2010.03.007
3) Artikel jurnal (online –
tanpa DOI)
Crooks, C.,
Ameratunga, R., Brewerton, M., Torok, M., Buetow, S., Brothers, S., ...
Jorgensen, P. (2010/. Adverse reactions to food in New Zealand children ageg
0-5 years. New Zealand Medical Journal,
123(1327)
Kutipan dalam teks: (Crooks, et al., 2010)
1) Internet – tanpa penulis,
tanpa tahun
Pet therapy. (n.d.). Retrieved from http://www.holisticonline.com/stress_pet-therapy.htm
2) Internet – organisasi
Ministry of Health. (2014). Ebola: Information for the public. Retrieved from http://www.health.govt.nz/your-health/conditions-and-treatments/diseases-and-illness/ebolainformation
d.
Makalah konferensi
(prosiding)
Williams, J., & Seary, K. (2010). Bridging the divide: Scaffolding the learning experiences of the mature age student. In J. Terrell (Ed.), Making the links: Learning, teaching and high quality student outcomes. Proceedings of the 9th Conference of the New Zealand Association of Bridging Educators (pp. 104-116). Wellington, New Zealand.
e.
Skripsi, Tesis, Disertasi
(cetak)
Johnson, S. (2013). Style strategies (Master’s thesis). UCOL,
Whanganui School of Design, Whanganui, New Zealand.
f. Skripsi, Tesis, Disertasi (online)
Mann, D. L. (2010). Vision and expertise for interceptive actions in
sport (Doctoral dissertation, The University of New South Wales, Sydney,
Australia). Retrieved from http://handle.unsw.edu.au/1959.4/44704

No comments
Post a Comment